Minggu, 30 Agustus 2009

ARTI LAMBANG DENKAV-2/BC


BERUANG CAKTI.

Detasemen Kavaleri-2/Beruang Cakti Kodam VI/Tanjungpura memiliki tanda gambar kebanggaan sebagai lambang satuan yaitu Beruang Cakti. Beruang Cakti adalah hewan yang hidup di hutan belantara pedalaman Kalimantan Barat, yang terkenal dengan geografis alam yang masih murni, hutan pepohonan yang belum terjamah manusia, pegunungan batu yang terjal serta cuaca yang tidak dapat diterka.

Namun dengan kondisi alam yang bagaimanapun bentuk dan tingkat kesulitannya, Beruang Cakti mampu bertahan hidup dan dapat menaklukan segala aral yang menghadang.

Mata Beruang Cakti menghadap kedepan melambangkan prajurit-prajurit Denkav-2 memiliki keyakinan yang teguh dalam menghadapi masa depan, serta tugas dan tanggung jawab yang terbentang dihadapannya dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Serta berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Beruang cakti memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam, oleh karena itu prajurit-prajurit Denkav-2 diharapkan mampu mengantisipasi segala kemungkinan yang berkembang dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada dan tetap berpegangan pada Motto Kavaleri TNI AD "Tri Daya Cakti" yaitu Daya Tembak, Daya Gerak dan Daya Kejut.

Berbulu sangat tebal dan berwarna mengkilat, Beruang Cakti melindungi seluruh tubuhnya dari segala macam cuaca baik panas maupun dingin, yang menggambarkan bahwa Prajurit Baret Hitam Denkav-2 adalah prajurit-prajurit kebanggaan yang dapat melindungi dan membentengi diri dengan Iman dan Taqwa serta ilmu pengetahuan dan tekknologi yang telah dimiliki, serta mampu bersaing dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun bertugas dan berada, untuk membela kehormatan Baret Hitam.

Dengan berlatar belakang kuning dan merah, Beruang Cakti yang ksatria dan gagah berani siap mendukung tugas pokok Kodam VI/Tanjungpura dan siap mengharumkan nama Corps "KAVALERI TNI AD".

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger